Pentingnya Berinvestasi Properti

Griya Dimensi

“They are not making anymore land”
Ungkapan sederhana mark Twain, di terjemahkan secara bebas, ungkapan itu dalam bahasa Indonesia berbunyi: “ Tuhan tidak menciptakan bumi yang kedua.”

Kontrol ada di tangan anda
Harga saham sepenuhnya tergantung pada kemauan pasar. Sedangkan emas tergantung pada pergerakan pasar, dan anda harus melepas kepemilikan anda.  Bandingkan dengan investasi property harga jual bisa anda atur. Bisa dinaikkan dengan tindakan tertentu, atau bias di turunkan pada kondisi lainnya .

Terlindung dari Inflasi
Berdasarkan pengalaman sejak dulu kala, nilai investasi property tidak pernah turun. Paling tidak selalu lebih tinggi dari inflasi, nilai properti melonjak tajam setelah krisis mereda dan bergerak di atas 12 persen. Bandingkan dengan deposito, bunga deposito sering kali lebih rendah dari pada inflasi.

Properti bernilai 10 bisa di beli dengan bayaran senilai 1 saja
Ketika membeli asset property, anda tidak perlu punya uang sebanyak harga property itu. Misalnya, ada asset yang harga jualnya 1 miliar. Kita bias membayar DP-nya  saj untuk menguasai aset itu. Sisanya dibiayai oleh pihak lain dan yang  membayar cicilannya bukan kita, melainkan aset itu sendiri.

Mendapat untung saat membeli
Hukum investasi mengatakan bahwa hasil investasi baru bisa didapat dalam beberapa waktu ke depan, bukan pada saat memulai.
     Sebagai contoh, pada saat saya melakukan transaksi pembelian sebuah rumah. Saat itu, harga pasar property tersebut sekitar 120 juta dan harga NJOP-nya Rp 115 jutaan. Namun saya berhasil membelinya dengan harga 90 juta . Itu berarti pada saat mebeli saya langsung untung 30 juta.

Nilai asset bisa ditingkatkan dengan modal kecil
Harga property bisa ditingkatkan nilainya dengan tindakan sangat sederhana dan biaya rendah. Misalnya , cukup mengecat ulang, mengubah pagar atau menambah kanopi untuk mendongkrak nilai aset.

Mendapat dua keuntungan sekaligus
Capital gain atau disebut keuntungan investasi adalah selisih antara harga saat ini dan harga saat membeli.  Sedangkan cash flow adalah penghasilan yang diberikan oleh aset itu. Aset itu bekerja untuk membiayai dirinya sendiri, entah dari uang sewa atau bisnis diatasnya .

Mendapat uang tanpa menjual
Selain dengan menyewakan atau menjadikannya sebagai tempat usaha, biasa dinikmati dengan cukup melakukan refinancing . Refinancing atau pendanaan ulang di lakukan di atas rumah tinggal untuk mendapatkan modal tambahan membuka sebuah bisnis.

Tidak menyita waktu
Nilai property tidak pernah anjlok dalam hitungan detik sehingga kita bisa lebih tenang menjalani hidup. Misalnya , saya punya beberapa rumah sewaan, retapi jarang menengoknya , yang paling sering saya tengok justru rekening di bank tempat para penyewa mentransfer biaya sewa. Otamatis investasi tidak menyita waktu. Berbeda dengan saham yang setiap detik bisa naik turun.

Nilainya naik terus secara konsisten
Anda tidak perlu khawatir bahwa nilai property tiba-tiba dalam hitungan hari atau bulan mnenyusut sangat jauh. Seandainya property yang anda beli anda diamkan saja, tidak di renovasi, atau tidak ditambahi apa pun, nilainya pada 10 tahun kedepan pasti naik berlipat-lipat.

Sarana penghemat pajak yang legal dan menguntungkan
Secara pembukuan, nilai bangunan sebuah property bisa “disusutkan” setiap tahun. Di sini, yang disusutkan hanyalah nilai bukunya, tetapi nilai sesungguhnya tidak pernah susut, kecuali bangunan itu mau roboh atau tidak terawat. Nilai penyusutan tersebut bisa dimasukkan sebagai biaya yang akan mengurangi tingkat keuntungan usaha sebelum terkena pajak.

Bank sangat suka dengan pinjaman investasi properti.
Bank tahu persis bahwa resiko investasi properti jaub lebih rendah daripada jenis investasi lainnya. Ini terbukti dengan lebih rendahnya bunga kredit properti dengan kredit lainnya. Jangka waktu pinjamannya pun jauh lebih panjang.

Orang kaya berinvestasi di property
Dalam bukunya, Ray krock menyebutkan bahwa perusahaannya bukanlah penjual hamburger, melainkan perusahaan investasi real estat. Perusahanya tidak hanya mendapatkan uang dari franchise fee dan royalty, melainkan juga dari menyewakan aset property kepada para franchise-nya. Dari sejumlah otlet itu uang sewa mengalir ke kas setiap bulan. Belum lagi capital gain atau kenakan propertinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar